Contoh Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja

Contoh Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja

Dalam membuat surat lamaran kerja tentunya di butuhkan Daftar Riayat Hidup yang baik dan benar sesuai dengan sistematika kita. Daftar Riwayat hidup di gunakan untuk melengkapi berkas Lamaran Kerja yang sudah kita punya. Maka dari itu di butuhkan riwayat hidup yang baik agar relevan saat di baca oleh pihak perusahaan. Hal ini bertujuan agar CV yang kita ajukan terlihat menarik di mata perusahaan tersebut.


Maka dari itu Materi Lengkap ingin memberikan "Contoh Daftar Riwayat Hidup" yang baik dan benar kepada pembaca semuanya. tetapi sebelumnya agar kita lebih paham lagi tentang membuat riwayat hidup ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tips cara membuat daftar riwayat hidup, dan berikut ini cara membuatnya :

Tips Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup

  • Dalam menuliskan DRH, sebaiknya jangan panjang minimal 1 halaman dan maximal hanya 4 halaman saja.
  • Tulislah dengan bahasa yang enak dibaca dan mudah dipahami jangan sajikan hal-hal yang tidak perlu dan terlalu banyak basa basi dan juga bertele tele.
  • Tambahkanlah photo terbaru anda dengan menggunakan pakaian yang formal, dan usahakan wajah anda pada foto tersebut terlihat santai jangan terlalu tegang.
  • Jangan menambahkan data-data yang tidak penting, isikan sesuai dengan pekerjaan yang dilamar.  Contoh : anda akan melamar pekerjaan bidang programmer seharusnya anda tidak mencantumkan pengalaman anda ketika anda juara 1 lomba musik.
  • Sama seperti point pertama cukup menuliskan kursus-kursus yang berhubungan dengan bidang pekerjaan yang dilamar saja.
  • Nah untuk point ini, anda sebaiknya menulis kemampuan-kemampuan anda yang nantinya akan menunjang dalam pekerjaan yang dilamar.
  • Yang terakhir dan yang ini seperti sudah saya uraian di atas, anda harusnya membuat DRH dengan se jujurnya.
Nah, itulah beberapa tips biasa digunakan banyak orang ketika ingin melamar suatu pekerjaan.  Biasanya DRH dilengkapi dengan data-data pribadi, pendidikan, pengalaman kerja, keahlian dan keterangan-keterangan lain yang menunjang.    Berikut akan diuraian hal-hal penting dalam pengisian Daftar Riwayat Hidup.

Data Daftar Riwayat Hidup

Data Pribadi
Data pribadi berisi data-data seperti nama, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, status perkawinan, dan alamat dan alamat bisa juga tambahkan nomor hp dan juga email.Nah untuk data-data lainnya seperti suku bangsa, kewarganegaraan, agama, berat dan juga tinggi badan disesuaikan dengan situasi dan kondisi dilapangan.  Apabila dengan mencantumkan hal tersebut dalam memberikan dampak positif barulah dicantumkan, namun jika tidak ada lebih baik ditinggalkan saja.
Pendidikan
Nah untuk menuliskan riwayat pendidikan ada juga tipsnya yang sebaiknya anda juga ikuti :
  1. Ketika anda ingin menuliskan dua sub judul riwayat pendidikan, seperti riwayat pendidikan format dan non formal sebaiknya anda mendahulukan menuliskan riwayat pendidikan yang formal terlebih dahulu sebelum yang nonformal
  2. Karena riwayat memiliki pengertian kronologis sebaiknya anda menuliskan pendidikan yang lebih tinggi terlebih dahulu baru selanjutnya menuliskan pendidikan yang lebih rendah sampai yang terendah.
Pengalaman Bekerja
Hal ini juga sangat vital apabila terjadi kesalahan dalam menuliskan bisa berakibat fatal, Bagi anda yang mempunyai pengalaman bekerja anda dapat menambahkan dalam daftar riwayat hidup.  Seperti halnya riwayat pendidikan, pengalaman bekerja juga ditulis secara kronoligis, tuliskan juga dimana anda bekerja dan dimulai mulai tahun berapa sampai tahun berapa anda bekerja, dan menjabat sebagai apa dan yang terakhir kenapa anda berhenti (ini sangat baik jika anda berhenti secara baik-baik).
Keterangan Lain
Dan jika anda memiliki keterangan lainnya yang anda anggap data tersebut cukup penting untuk ditambahkan anda bisa tambahkan disini namun perlu diketahui bahwa keterangan ini bukanlah pengalaman yang anda diperoleh melalui jalur pendidikan formal.
Nah mungkin itulah beberapa tips dan trik dalam penulisan daftar riwayat hidup.  Berikut ini akan disajikan Contoh Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja untuk bahan referensi anda dalam menulis DRH.

Contoh CV – Daftar Riwayat Hidup


DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Data Pribadi

Nama : Agustinus Kurniawan
 Tempat, tanggal lahir : Kuala Kapuas, 26 Mei 1987
 Jenis kelamin : Laki-laki
 Status Perkawinan : Belum Menikah
 Agama : Islam
 Alamat : Jl. Mawar Melati No. 99
   Jakarta Pusat 73564
 Telepon : (021) 6667777, 0855 2456 7890
 e-mail : tinus@yahoo.co.id
Riwayat Pendidikan 

-  Riwayat Pendidikan Formal
2004–2008    STMIK Banjarmasin
2001-2004 SMK Negeri 1 Banjarmasin
1997-2001 SMP Negeri 1 Balikpapan
1991-1997 – SD Negeri Balikpapan
-  Riwayat Pendidikan Non Formal
2010 Effective Seling Strategy, di Executive Training Center (ETC) Jakarta
2009  Mahir Aplikasi Komputer untuk Bisnis, di Azhar Komputer Jakarta
2008 Kursus Bahasa Inggris, di Languange Center, Jakarta
Keahlian Komputer 

  • Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint dan Access,).
  • Adobe Photoshop
  • Corel Draw
  • Internet
Riwayat Pekerjaan 

  • Tim Supervisor pada PT. Harapan Bersama  Tbk. Jakarta,  Pebruari 2010 – sekarang
  • Web Designer pada PT. Maju Bersama.  Banjarmasin, 2009 – 2010
  • Office Boy pada PT. Kita Bisa.  Banjarmasin, 2008-2009
Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dapat dipertanggungjawabkan.
Hormat Saya,
EKO SUSANTO
Demikianlah artikel mengenai Daftar Riwayat Hidup yang bisa admin berikan, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian yang sedang berusaha mencari pekerjaan

Bagikan ya. Plisss... Facebook Twitter Google+

Contoh Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja

Posted by , Published at 13.23. Dari blog Kumpulan Materi Lengkap - Rabu, 12 Juni 2013. 9.52014

Comments Facebook :

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Materi Pelajaran dengan judul Contoh Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://materilengkap.blogspot.com/2013/06/contoh-daftar-riwayat-hidup-lamaran.html. Terima kasih!